Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA METODE RESITASI DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PEKANBARU

SELLY MUKRIAFNI (2018) HUBUNGAN ANTARA METODE RESITASI DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hubungan antara metode resitasi dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada materi pengangguran Kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang tidak membaca materi pelajaran dan sebagian siswa tidak mempertanggungjawabkan tugas yang telah diberikan guru, pada saat diskusi masih ada siswa yang malu mengemukakan pendapatnya dan sebagian siswa ada yang ribut. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah metode resitasi dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu uji korelasi product moment maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% (0.573 > 0.273) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara metode resitasi dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada materi pengangguran Kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. Berdasarkan penentuan tingkat hubungan yang dilakukan dengan interpretasi nilai r product moment terdapat hubungan yang cukup kuat antara metode resitasi dengan aktivitas belajar dengan nilai person correlation yang dihasilkan sebesar 0.573 yang berada pada rentang 0.400–0.700 dikategorikan korelasi yang cukup kuat. Kata Kunci: Metode Resitasi dan Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? pddk ??
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item