ANALISIS BREAK EVEN POINT PADA PT. INTRACO PENTA Tbk

HAJARIAN BADIRIKA, (2012) ANALISIS BREAK EVEN POINT PADA PT. INTRACO PENTA Tbk. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012146MEN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Harga Pokok Penjualan, Biaya Operasional ( Biaya Tetap dan Biaya Variabel ) serta laba merupakan hal yang perlu untuk diperhatikan dalam manajemen perusahaan. Dimana untuk mencapai kontiunitas perusahaan diperlukan penjualan yang mencapai target dan laba yang optimal serta kebijaksanaan perusahaan dalam mengelola dan mengalokasikan modalnya. Besarnya penjualan dan laba yang diperoleh merupakan ukuran untuk menilai sukses tidaknya manajemen dalam mengelola perusahaan, untuk memperoleh besarnya penjualan ataupun laba yang diharapkan diperlukan suatu perencanaan yang baik, semua ini memerlukan pemikiran yang semakin mendasar bagi manajemen perusahaan dalam mengambil kebijaksanaan, segala aktifitas perusahaan dapat memberikan keuntungan yang maksimal atau perusahaan dapat bertahan untuk menjalankan aktifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas faktor apa yang menyebabkan terajadinya penurunan penjualan pada tahun 2009 dan pada nilai penjualan berapa perusahaan mencapai break even point serta margin of safety, dengan menggunakan metode analisis break even point. Penelitian dilakukan pada PT. Intraco Penta Tbk yang berkantor pusat di JL. Raya Cakung Cilincing KM 3,5, Tel. (021) 4401408. Fax. (021) 4401682 dan Email : corpsec@intracopenta.com. Pengumpulan data dari laporan-laporan keuangan dan dokumentasi yang bersangkutan dengan skripsi ini menggunakan situs internet yaitu www.idx.co.id. Analisis data yang penulis gunakan adalah kuantitatif dan deskriptif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan rumus matematika terhadap data dalam bentuk angka yang ditabulasikan dalam bentuk tabel, kemudian dibahas dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa kurangnya perencanaan yang mengakibatkan meningkatnya biaya tetap dan menurunnya biaya variabel dan menurunnya harga pokok penjualan akan berakibat terhadap kurang atau sedikitnya penjualan yang dicapai. Jika perusahaan ingin memperoleh penjualan yang tinggi, hendaknya perusahaan meningkatkan tingkat penjualan BEP dan mengurangi biaya tetap. Dari hasil penelitian penulis mengambil kesimpulan bahwa berubahnya harga jual, biaya tetap, dan biaya variabel setiap tahunnya sangat mempengaruhi break even point.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 22 Jan 2016 06:07
Last Modified: 22 Jan 2016 06:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item