Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS EFEKTIFITAS USAHA KERIPIK PEDAS DI KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

RAFIKA (2018) ANALISIS EFEKTIFITAS USAHA KERIPIK PEDAS DI KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya pengusaha-pengusaha yang belum efektif dari sisi penjualan dan pendapatan, dimana kawasan Kecamatan Tanah Putih adalah salah satu kawasan yang memiliki prospek besar terhadap pengusaha keripik pedas karena letaknya yang strategis dan padat penduduk, namun beberapa pengusaha belum mampu membaca prospek yang tersedia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1). Bagaimana efektifitas usaha Keripik Pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, (2). Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam usaha Keripik Pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, (3). Bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang efektifitas usaha Keripik Pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini bertujuan: (a). Untuk mengetahui bagaimana efektifitas usaha Keripik Pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, (b). Untuk mengetahui faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam usaha Keripik Pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, (c). Untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang efektifitas usaha Keripik Pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang, dari populasi yang ada maka penulis menjadikan seluruh populasi sebagai sampel dengan menggunakan metode Total Sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan penulis yaitu metode obserasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari total skor keseluruhan rekapitulasi, Analisis efektifitas usaha Keripik Pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir dapat dikategorikan sedang terbukti dengan total skor yang diperoleh 253. Faktor pendukung dari usaha keripik pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir yaitu bahan baku, harga yang terjangkau, pelanggan serta lokasi usaha yang strategis. Sedangkan faktor penghambatnya adalah modal, kondisi perekonomian masyarakat, pendapatan yang tidak menentu serta kurangnya pengetahuan akan media online. Secara umum usaha keripik pedas di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir telah sesuai dengan syariat Islam karena tidak ada hal-hal yang melanggar dalam hal produksi maupun pemasarannya. Kata kunci: Efektifitas, Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:16
Last Modified: 02 Jul 2019 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item View Item