ANALISIS LITERASI SAINS SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR

DESNA WATI, (2018) ANALISIS LITERASI SAINS SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181103PK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181103PK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181103PK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181103PK.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181103PK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181103PK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181103PK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181103PK.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181103PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181103PK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181103PK.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan sedang gencargencarnya melakukan pengembangan kecakapan kemampuan literasi sains bagi peserta didik. Kondisi tersebut merupakan akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang begitu pesat, sehingga peserta didik harus dapat bersikap bijak dan mampu beradaptasi dengan sains, lingkungan, masyarakat, dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan literasi sains aspek nominal, fungsional, konseptual, dan multidimensional siswa kelas XI pada materi koloid di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Metode penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan menggunakan desain cross-sectional survey design. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI MIPA1 yang berjumlah 30 orang berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains berbentuk soal essay, dengan indikator literasi sains mengacu pada theoritical framework. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa indikator literasi nominal sebesar 83,33%, indikator fungsional sebesar 57,67%, indikator konseptual sebesar 59,07%, dan indikator multidimensional 28,49%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata ketercapaian kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan kognitif siswa sebesar 57,14%, kategori ketercapaian cenderung baik yang mengindikasikan bahwa penguasaan aspek pengetahuan kemampuan literasi sains siswa pada materi koloid tergolong cukup. Kata Kunci: Literasi Sains, dan Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:17
Last Modified: 02 Jul 2019 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14568

Actions (login required)

View Item View Item