DESNA WATI (2018) ANALISIS LITERASI SAINS SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181103PK.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181103PK.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181103PK.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181103PK.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181103PK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181103PK.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181103PK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181103PK.pdf Download (780kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181103PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181103PK.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181103PK.pdf Download (562kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan sedang gencargencarnya melakukan pengembangan kecakapan kemampuan literasi sains bagi peserta didik. Kondisi tersebut merupakan akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang begitu pesat, sehingga peserta didik harus dapat bersikap bijak dan mampu beradaptasi dengan sains, lingkungan, masyarakat, dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan literasi sains aspek nominal, fungsional, konseptual, dan multidimensional siswa kelas XI pada materi koloid di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Metode penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan menggunakan desain cross-sectional survey design. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI MIPA1 yang berjumlah 30 orang berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains berbentuk soal essay, dengan indikator literasi sains mengacu pada theoritical framework. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa indikator literasi nominal sebesar 83,33%, indikator fungsional sebesar 57,67%, indikator konseptual sebesar 59,07%, dan indikator multidimensional 28,49%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata ketercapaian kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan kognitif siswa sebesar 57,14%, kategori ketercapaian cenderung baik yang mengindikasikan bahwa penguasaan aspek pengetahuan kemampuan literasi sains siswa pada materi koloid tergolong cukup. Kata Kunci: Literasi Sains, dan Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 02:17 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 02:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14568 |
Actions (login required)
View Item |