Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU

NURFITRIANI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang paling mendasarkan yang di miliki oleh seorang individu dalam menyelesaikan permasalahan matematika, namun pada kenyataannya hal ini masih banyak di temui bahwasanya pemahaman siswa masih tergolong rendah. Dalam hal ini, upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus Uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan perbedaan kemandirian belajar siswa dan anova dua arah untuk melihat interaksi siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan kemandirian belajar. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2)Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang diajar menggunakan kooperatif tipe TAI dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, 3)Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Secara umum, model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa di MTs Muhammadiyah 02 Pekanabaru. Kata kunci: Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:58
Last Modified: 02 Jul 2019 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14564

Actions (login required)

View Item View Item