EFEKTIFITAS LAYANAN MEDIASI DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU

ISNA WATI, (2018) EFEKTIFITAS LAYANAN MEDIASI DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181093KI.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181093KI.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181093KI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181093KI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181093KI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181093KI.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181093KI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181093KI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181093KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181093KI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181093KI.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa, dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa di sekolah menengah kejuruan Telkom pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti layanan mediasi, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa yang pernah mengikuti layanan mediasi, 1 orang guru pembimbing, 1orang wali kelas, dan 1 orang waka kurikulum sebagai informan tambahan. Untuk pengumpulan data digunakan wawancara dengan siswa, guru pembimbing, wali kelas, dan waka kurikulum. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan, apa adanya hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik anatar siswa belum efektif yang terlihat dari ;(1) masih ada siswa yang belum bisa bersikap toleran terhadap pihak lawan (2) masih ada sikap siswa yang tidak mau saling tegur sapa (3) masih ada siswa yang berfikiran untuk membalas perilaku pihak lawan di kemudian hari (4) masih ada siswa yang masih belum memaafkan kesalahan temannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa adalah (1) pengalaman guru pembimbing yang sudah bertugas selama 3 tahun (2) keperibadian guru pembimbing yang baik dan bijaksana (3) keterampilan guru pembimbing yang matang (4) dalam melaksanakan layanan mediasi siswa cenderung berbohong dan menutupi kesalahannya (5) siswa yang mengikuti layanan mediasi cenderung mementingkan ego nya sendiri. Kata Kunci : Efektifitas Layanan Mediasi, Konflik Antar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:20
Last Modified: 02 Jul 2019 01:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item