Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP DASAR NEGARA PANCASILA DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP BERNEGARA MENURUT FIQIH SIYASAH

MHD. IKHLAS ADI PRATAMA (2018) KONSEP DASAR NEGARA PANCASILA DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP BERNEGARA MENURUT FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018364JS.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018364JS.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018364JS.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018364JS.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018364JS.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018364JS.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018364JS.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018364JS.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018364JS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018364JS.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018364JS.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Hakikat konstitusi sangatlah penting karena merupakan dokumen formal. Walaupun dalam Al-Qur’an tidak ada ayat yang secara eksplisit memerintahkan atau mewajibkan umat Islam untuk mendirikan negara, bahkan istilah daulah (negara) tidak pernah disinggung dalam Al-Qur’an, akan tetapi unsur-unsur dasar dalam masyarakat berbangsa dan bernegara dapat ditemukan didalamnya. Fiqih Siyasah sebagai salah satu aspek hukum yang membicarakan pengaturan dan pengurusan kehidupan manusia dalam bernegara yang berkaitan dengan bagaimana hubungan manusia dengan Allah SWT sebagai penguasa hakiki dan mutlak terhadap dunia, mengatur hubungan antar sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam. Dalam hal ini Islam memandang negara tidak hanya berkaitan dengan dunia saja, tujuan untuk memelihara agama, jiwa, akal,keturunan dan memelihara harta. Permasalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana konsep negara hukum Pancasila? (2) Bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap negara hukum Pancasila?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mencari beberapa peraturan perundangundangan yang terkait dengan pokok permasalahan serta refrensi terkait dengan pokok permasalahan serta buku terkait yang kemudian dijadikan bahan hukum primer, sedangkan bahan hukum sekunder diperoleh dari membaca dan mempelajari literatur yang berupa buku atau karya ilmiah untuk mencari konsep-konsep atau teoriteori dan pendapat yang berkaitan dengan permasalahan yang selanjutnya disajikan dalam bentuk tulisan. Adapun analisa data menggunakan metode deskriptif analitik dengan kerangka berfikir induktif. Dari pembahasan analisis skripsi yang berjudul “Konsep Dasar Negara Hukum Pancasila Ditinjau Dari Prinsip-Prinsip Bernegara Menurut Fiqih Siyasah” dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Konsep negara hukum Pancasila merupakan konsep yang memiliki asas-asas atau prinsip-prinsip bernegara yakni adanya supremasi hukum adanya pemerintah berdasarkan hukum, adanya pemerintahan berdasarkan hukum, demokrasi, pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia, kekuasaa hakim yang bebas tanpa intervensi, adanya sarana kontrol hukum bagi tindakan-tindakan pemerintah, hukum ii bertujuan untuk mensejahterahkan dan keadilan sosial warga masyarakat, berdasarkan asas ketuhanan yang maha Esa. Kedudukan negara hukum Pancasila berdasarkan prinsip-prinsip bernegara dalam Fiqih Siyasah, maka konsep pemerintahan Indonesia adalah sah dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Antara konsep negara hukum Pancasila dan konsep negara hukum menurut fiqih siyasah memiliki banyak persamaan dalam bernegaranya. Keabsahan ini bukan hanya dilihat dari sistem pemilihan dan mekanisme pelantikan presidennya saja melainkan juga dilihat dari terpenuhinya tujuan syar’i dari pemerintahan Indonesia dalam rangka menjaga kesejahteraan dan kemaslahatan umum warga negaranya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:05
Last Modified: 02 Jul 2019 01:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14548

Actions (login required)

View Item View Item