PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU

LIA SYAFITRI, (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181085PMT.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181085PMT.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181085PMT.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181085PMT.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181085PMT.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181085PMT.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181085PMT.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181085PMT.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181085PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181085PMT.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181085PMT.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa SMP Negeri 13 Pekanbaru yang belum optimal memiliki kemampuan berpikir kritis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang ada disekolah, dan melihat ada tidaknya interaksi antara pengetahuan awal matematika siswa dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa . Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 13 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah kelas VII 9 dan VII 10. Analisis data yang digunakan untuk tujuan pertama menggunakan uji-t sedangkan untuk tujuan kedua menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang ada disekolah. Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah untuk interaksi menunjukkan sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pengetahuan awal matematika siswa dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pengetahuan Awal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:36
Last Modified: 01 Jul 2019 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14528

Actions (login required)

View Item View Item