Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIAK NOMOR 5 TAHUN 2007 TENTANG LARANGAN, PEMBERANTASAN DAN PENANGANAN PENYAKIT MASYARAKAT (Studi Terhadap Penertiban Minuman Keras Di Kecamatan Dayun)

ABDUR RAHMAN HAQIQI (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIAK NOMOR 5 TAHUN 2007 TENTANG LARANGAN, PEMBERANTASAN DAN PENANGANAN PENYAKIT MASYARAKAT (Studi Terhadap Penertiban Minuman Keras Di Kecamatan Dayun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2007 tentang Larangan, Pemberantasan, dan Penanganan Penyakit Masyarakat di Kecamatan Dayun khususnya dalam proses Penyidikan, Pengawasan dan Pembinaan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari masalah apa yang menjadi penghambat dalam menerapkan Peraturan Daerah khususnya terhadap proses Penyidikan, Pengawasan dan Pembinaan bagi yang melakukan pelanggaran Perda dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan penegak hukum dalam mengatasi problematika yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interktif yang mana ada 3 (tiga) langkah di dalamnya yaitu Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan cross check data. Lokasi penelitian ini di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Kriteria subjek penelitian adalah petugas yang mengimplementasikan perda dan individu atau kelompok yang terkena kebijakan. Subjek penelitian yaitu 3 orang petugas satpol PP, 2 orang petugas kepolisian, 6 orang masyarakat sekitar, 2 orang penjual minuman keras ilegal. Penelitian di laksanakan pada bulan juli sampai agustus 2018. Hasil penelitian ini menunjukan problematika dalam penyidikan adalah sulitnya dalam mencari informasi di karenakan letak yang tidak terjangkau karena berada di dalam perkebunan kelapa sawit; kurangnya fasilitas kendaraan yang menjadi kendala dalam melakukan patroli. Problematika dalam pengawasan adalah kurangnya tanggung jawab petugas dalam melaksanakan patroli sehingga pedagang berani menjual minuman keras ilegal;. Problematika dalam pembinaan adalah tidak adanya anggaran untuk mengangkat kasus ini; masih ada petugas yang me;lakukan backing terhadap penjual minuman keras sehingga sanksi yang tertulis tidak pernah berjalan dengan sebagaimana mestinya. Kata Kunci: perda, penyidikan, pengawasan, pembinaan, penyakit masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 362 ??
Divisions: ?? ek_an ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 05:18
Last Modified: 01 Jul 2019 05:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14498

Actions (login required)

View Item View Item