Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KINERJA PENDAMPING LOKAL DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA RANTAU PANJANG KIRI HILIR KECAMATAN KUBU BABUSSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR

MUHAMMAD HABIBI (2018) ANALISIS KINERJA PENDAMPING LOKAL DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA RANTAU PANJANG KIRI HILIR KECAMATAN KUBU BABUSSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program pendampingan desa merupakan program yang bertujuan mempercepat pembangunan desa. Namun, dalam pelaksanaan pendampingan desa tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terjadi karena dalam pelaksanaan pendampingan desa, Pendamping Lokal Desa tidak memiliki pengalaman kerja dan pengetahuan mengenai pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Pendamping Lokal Desa juga tidak mengetahui tugas dan fungsinya. Selain itu, Pendamping Lokal Desa tidak melaksanakan pendampingan dan hanya terfokus pada penyusunan laporan kerjanya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kinerja Pendamping Lokal Desa di Desa Rantau Panjang Kiri Hilir Kabupaten Rokan Hilir serta faktor yang mempengaruhi kinerja Pendamping Lokal Desa di Desa Rantau Panjang Kiri Hilir Kecamtan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir. Adapun metode yang peneliti gunakan yakni, metode kualitatif deskriptif, jenis datanya data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan, kinerja pendampingan yang dilakukan oleh Pendamping Lokal Desa belum maksimal. Pada indikator prestasi kerja (achievement) Pendamping Lokal Desa belum memperlihatkan hasil yang positif, karena pelaksanaan pendampingan tidak dilaksanakan dengan baik. Keahlian (skill) dari Pendamping Lokal Desa masih sangat rendah dan tidak memiliki pengalaman kerja. Perilaku (attitude) terkait dengan pertanggung jawaban kerja dari Pendamping Lokal Desa tidak sesuai dengan pelaksanaan kerja yang sesungguhnya. Kepemimpinan (Leadership) terkait dengan koordinasi bidang pembangunan yang dilakukan oleh Pendamping Lokal Desa dengan kepala desa tidak dilaksanakan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kinerja, pada faktor kualitas dan kemampuan masih sangat rendah. Kata kunci: Kinerja, Pendampingan, Pembangunan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: ?? 360 ??
Divisions: ?? ek_an ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:45
Last Modified: 01 Jul 2019 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14484

Actions (login required)

View Item View Item