PENGARUH PENILAIAN DIRI (SELF ASSESMENT) TERHADAP KEJUJURAN SISWAPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU

EFRIANA, (2018) PENGARUH PENILAIAN DIRI (SELF ASSESMENT) TERHADAP KEJUJURAN SISWAPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181063PAI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181063PAI.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181063PAI.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181063PAI.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181063PAI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181063PAI.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181063PAI.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181063PAI.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181063PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181063PAI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181063PAI.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh penilaian diri (Self Assesment) terhadap kejujuran siswa, didalam mengikuti proses pembelajaran Penilaian diri (self assesment) merupakan salah satu strategi penilaian yang sangat diperlukan untuk melakukan refleksi atas kompetensi yang dimiliki, dengan tujuan untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan kepribadian seseorang khususnya peserta didik. Salah satu penilaian tersebut adalah kejujuran yang merupakan sikap yang harus di bentuk sejak dini baik di lingkungan keluarga maupun disekolah. Dengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji masalah ini lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh penerepan penilaian diri (Self Assesment) terhadap kejujuran siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 16 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru dan objek penelitian ini penilaian diri (self asessment) dan kejujuran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang beragama Islam yang berjumlah 492 siswa. Karena besarnya jumlah populasi tersebut, maka dilakukan pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling. Sampel diambil sebesar 10% dengan jumlah 50 orang Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaliah korelasi product moment, untuk mengetahui pengaruh penerepan penilaian diri (Self Assesment) terhadap kejujuran siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 16 Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis data, rhitung < rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1%, yaitu 0,273 < 0,586 > 0,354. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerepan penilaian diri (Self Assesment) terhadap kejujuran siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 16 Pekanbaru. Kata Kunci: Penilaian Diri (Self Assessment), dan Kejujuran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:14
Last Modified: 01 Jul 2019 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14469

Actions (login required)

View Item View Item