Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETOS KERJA PENGGARAP KARET DI KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

RIO GUSPANDRI (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETOS KERJA PENGGARAP KARET DI KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di latarbelakangi oleh pengamatan peneliti melihat realita di Kecamatan Peranap bahwa adanya perbedaan tingkat etos kerja pada penggarap karet yang dapat dilihat dari banyaknya waktu kerja dan menurunnya hasil produksi karet di Kecamatan Peranap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang mengambil lokasi di Kecamatan Peranap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja penggarap karet, faktor apa yang paling dominan yang mempengaruhi etos kerja penggarap karet, dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja penggarap karet di Kecamatan Peranap, Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah penggarap karet yang ada di Kecamatan Peranap, karena data sangat luas maka peneliti menentukan sampel dengan teknik Area (Cluster) Sampling, penentuan sampel area terdapat jumlah sampel sebanyak 307 orang, dalam penentuan sampel individu peneliti mengambil 20% yaitu sebanyak 61 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode Analisis Kuantitatif dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Statistic For Product and Service Solution) versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor Motivasi Intrinsik dan Faktor Sistem Pemasaran berdasarkan nilai koefisien determinasi berpengaruh signifikan sebesar 78,9% terhadap etos kerja penggarap karet di Kecamatan peranap, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kemudian secara parsial Faktor Motivasi Intrinsik menunjukkan nilai t hitung sebesar (8,790) > t tabel (2,001) dengan nilai signifikansi 0,000 masih berada dibawah 0,05. Dan Sistem Pemasaran menunjukkan nilai t hitung sebesar (2,644) > t tabel (2,001) dengan nilai signifikansi 0,011 masih berada dibawah 0,05. Dari perolehan hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh terhadap etos kerja penggarap karet di Kecamatan Peranap. Sedangkan secara simultan peneliti menggunakan Uji f hitung dengan nilai f hitung yang diperoleh adalah sebesar (108,184) > f tabel (3,16) dengan perolehan signifikansi 0,000 masih berada di bawah 0,05. Artinya secara bersamaan terdapat pengaruh antara faktor-faktor yang diteliti tehadap etos kerja penggarap karet di Kecamatan Peranap. Dalam tinjauan ekonomi Islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja di Kecamatan Peranap secara umum adalah sesuai dengan ekonomi Islam, karena faktor-faktor ini merupakan faktor yang biasa dialami di kehidupan masyarakat terutama oleh penggarap karet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:47
Last Modified: 01 Jul 2019 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item View Item