PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEUANGAN PEKANBARU

HASANAH SUMBARI, (2018) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEUANGAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181057PIPS-E.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181057PIPS-E.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181057PIPS-E.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181057PIPS-E.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181057PIPS-E.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181057PIPS-E.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181057PIPS-E.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181057PIPS-E.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181057PIPS-E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181057PIPS-E.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181057PIPS-E.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh gaya kepemimpinan demokratis guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di sekolah menengah kejuruan keuangan pekanbaru. Penelitian yang dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang belum focus memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi pelajaran, masih ada siswa yang belum mampu bertanya dan belum mampu mengemukakan pendapatnya saat pembelajaran berlangsung, masih ada siswa yang belum mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran, dan masih adanya siswa yang belum membuat kesimpulan pelajaran serta belum mencatat materi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XII akuntansi dengan jumlah 116 dan sampel 90 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah gaya kepemimpinan demokratis guru dan aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Adapun analisa data mengunakan uji validitas butiran agket di lakukan dengan product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknikanalisis yang digunakan untuk hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasi analisis dengan SPSS, diperolehro (observasi) sebesar 0,728 lebih besar dari r table pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,207<0,728>0,270)yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis guru terhadap aktivitas belaja siswa pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Keuangan Pekanbaru. Besar Persentase pengaruh gaya kepemimpinan demokratis guru terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 53%, sedangkan sisanya 47% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitia ini. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:39
Last Modified: 01 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14454

Actions (login required)

View Item View Item