PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UKUI

ISNAINI FITRIANA NURJANAH, (2018) PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UKUI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181056PIPS-E.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181056PIPS-E.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181056PIPS-E.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181056PIPS-E.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181056PIPS-E.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181056PIPS-E.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181056PIPS-E.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181056PIPS-E.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181056PIPS-E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181056PIPS-E.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181056PIPS-E.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan internet sebagai sumber belajar dalam mengembangkan kompetensi profesional guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ukui. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terbatasnya guru dalam mengikuti pelatihan maupun workshop berbasis internet (web), terbatasnya keterampilan guru dalam mengaplikasikan internet (web) ke dalam metodologi dan strategi pembelajaran, dan terbatasnya pengetahuan guru dalam merancang dan memanfaatkan internet (web) sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penggunaan internet sebagai sumber belajar dan mengembangkan kompetensi profesional guru matapelajaranekonomi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metodewawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dimulai dari reduksi data, menyajikan data dan melakukan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa guru ekonomi tidak hanya menggunakan web sebagai sumber belajar dalam mengembangkan kompetensi profesional namun guru juga menggunakan blog dan aplikasi whatsapp, hal ini sesuai dengan upaya yang dilakukan guru yaitu pertama meningkatkan pengetahuan, kedua berbagi sumber diantara teman sejawat, ketiga kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung dan keempat berpartisipasi dalam forum-forum lokal, yang terlihat dari indikator Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Ekonomi. Kata Kunci : Internet, Kompetensi Profesional Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:36
Last Modified: 05 Jul 2019 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

View Item View Item