Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN USAHA JUAL BELI EMAS MENTAH DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

RIKE AL VEBLA (2018) PERAN USAHA JUAL BELI EMAS MENTAH DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya Usaha jual beli emas mentah di Kecamatan Benai, usaha ini berupa usaha dimana ada pembeli (tauke) dan penjual emas mentah (pentolan). Emas pentolan ini didapatkan dari usaha penambangan emas tanpa izin, padahal penambangan emas tanpa izin ini dilarang oleh aparat pemerintah karena berdampak besar terhadap kerusakan lingkungan, ekosistem, mengganggu kenyamanan masyarakat karena dalam pelaksanaannya menimbulkan kebisingan dan mengurangi wilayah pemukiman penduduk karena menyebabkan erosi dan longsor. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana peran usaha jual beli emas mentah dalam peningkatan perekonomian keluarga di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap jual beli emas mentah dalam peningkatan ekonomi keluarga di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran jual beli emas mentah dalam peningkatan perekonomian keluarga, dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap jual beli emas mentah dalam peningkatan ekonomi keluarga di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang tauke emas mentah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Dalam pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka yaitu mengumpulkan buku-buku referensi yang ada kaitannya dengan masalah penelitian. Analisa yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Usaha jual beli emas mentah di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi, telah berperan dalam peningkatan ekonomi keluarga sehingga kehidupan masyarakat di Kecamatan Benai menjadi jauh lebih baik dari pada sebelum menjalankan usaha jual beli emas mentah ini, mengurangi pengangguran dan membuat pekerjaan baru. Menurut pandangan ekonomi Islam usaha jual beli emas mentah ini termasuk kepada jual beli yang dilarang di dalam Islam karena jual beli ini terjadi setelah menyebabkan kerugian pada pihak-pihak terkait. Jual beli ini sudah melanggar kaedah-kaedah jual beli dalam Islam dan juga kaedah usaha dalam Islam yang seharusnya dalam berjual beli atas dasar suka sama suka dan tanpa menyebabkan kerusakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:39
Last Modified: 01 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item