PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU

ANISAQ KURNIAWATI, (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER _20181050PIPS-E.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181050PIPS-E.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181050PIPS-E.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181050PIPS-E.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181050PIPS-E.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181050PIPS-E.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181050PIPS-E.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181050PIPS-E.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181050PIPS-E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181050PIPS-E.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181050PIPS-E.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana pengaruh model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada siswa yang tidak mampu memahami pelajaran dan menjelaskan kembali materi yang diajarkan guru dengan kata-katanya sendiri, pada saat diberi soal latihan masih ada siswa yang belum mampu untuk menyelesaikannya dan sebagian siswa ada yang kurang merespon dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi dan seluruh siswa kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Sedangkan Objek Penelitian ini adala Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) dan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 peserta didik yang terbagi pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu uji test “T”. Berdasarkan hasil uji test T maka dapat disimpulkan bahwa > pada taraf signifikan 5% (3,01>2,00) sehingga H0ditolak dan Haditerima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW)dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran ekonomi kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru yang tergolong baik. Besar persentase pengaruh model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi pada kelas eksperimen sebesar 83,00%. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 76.34%. Kata Kunci: Model Think Talk Write dan Pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:55
Last Modified: 01 Jul 2019 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item