Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIAYA OPERASIONAL TERHADAP KEUNTUNGAN KOPERASI SYARIAH BAITUL MAL WATTAMWIL (BMT) AL-ITTIHAD RUMBAI PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

PUSPA SARI (2018) PENGARUH BIAYA OPERASIONAL TERHADAP KEUNTUNGAN KOPERASI SYARIAH BAITUL MAL WATTAMWIL (BMT) AL-ITTIHAD RUMBAI PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi karena menurut teori dalam pengendalian biaya (Cost Control) bila perusahaan dapat menekan biaya operasional, maka perusahaan akan dapat meningkatkan laba bersih. Demikian juga sebaliknya, bila terjadi pemborosan biaya, akan mengakibatkan menurunnya net profit, sedangkan pada kenyataannya penulis melihat bahwa semakin besar biaya operasional yang dikeluarkan oleh Koperasi Syariah Baitul Mal Wattamwil (BMT) Al-Ittihad maka semakin besar pula keuntungan yang didapat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang beralokasi di BMT Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya operasional terhadap keuntungan Koperasi Syariah Baitul Mal Wattamwil (BMT) Al-Ittihad dan Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan Koperasi Syariah Baitul Mal Wattamwil (BMT) Al-Ittihad. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan Koperasi Syariah Baitul Mal Wattamwil (BMT) Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengaruh Biaya Operasional Terhadap Keuntungan Koperasi Syariah Baitul Mal Wattamwil Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 11 orang karyawan. Penarikan sampel diambil menggunakan Total Sampling. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kuantitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah diperoleh dengan menyebar kuesioner, pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistic dengan menggunkan program SPSS versi 22 for windows. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji determinan (R 2 ) dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Biaya Operasional Berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Keuntungan Koperasi Syariah Baitul Mal Wattamwil (BMT) Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji Determinasi (R 2 ) sebesar 0,511 atau 51,1% sedangkan sisanya sebesar 48,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Tinjauan Ekonomi Syariah mengenai pengaruh biaya operasional terhadap keuntungan Koperasi Syariah Baitul Mal Wattamwil Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru secara umum telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Syariah karena dilaksanakan secara teliti dan jujur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:40
Last Modified: 26 Jun 2019 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item