EFEKTIFITAS PENGGUNAAN WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SEBAGAI PEMBELAJARAN TAMBAHAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PARIAMAN SELATAN

WELLY CA ARWA, (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SEBAGAI PEMBELAJARAN TAMBAHAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PARIAMAN SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181038PBA.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181038PBA.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181038PBA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181038PBA.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181038PBA.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181038PBA.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181038PBA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181038PBA.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181038PBA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181038PBA.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181038PBA.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab di MtsN Pariaman Selatan, sedangkan objeknya adalah Efektifitas Penggunaan WhatsApp Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa di MtsN Pariaman Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII MtsN Pariaman Selatan, TahunAjaran 2018/2019. dan sampelnya adalah siswa kelas VIII.C dan VIII.D. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini‌ adalah observasi, test dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi digunakan persentase. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan rumus t-test.‌ Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas yang menggunakan Aplikasi WhatsApp sebagai tambahan pembelajaran dengan yang tidak menggunakan WhatsApp. Karena nilai To = 5.17 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan WhatsApp sebagai Tambahan Pembelajaran, efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa MTsN Pariaman Selatan. Kata Kunci: Efektifitas, Penggunaan WhatsApp, Penguasaan Kosakata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Jun 2019 05:03
Last Modified: 26 Jun 2019 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item View Item