WELLY CA ARWA (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SEBAGAI PEMBELAJARAN TAMBAHAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PARIAMAN SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181038PBA.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181038PBA.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181038PBA.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181038PBA.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181038PBA.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181038PBA.pdf Download (805kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181038PBA.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181038PBA.pdf Download (773kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181038PBA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181038PBA.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181038PBA.pdf Download (646kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab di MtsN Pariaman Selatan, sedangkan objeknya adalah Efektifitas Penggunaan WhatsApp Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa di MtsN Pariaman Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII MtsN Pariaman Selatan, TahunAjaran 2018/2019. dan sampelnya adalah siswa kelas VIII.C dan VIII.D. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, test dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi digunakan persentase. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan rumus t-test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas yang menggunakan Aplikasi WhatsApp sebagai tambahan pembelajaran dengan yang tidak menggunakan WhatsApp. Karena nilai To = 5.17 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan WhatsApp sebagai Tambahan Pembelajaran, efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa MTsN Pariaman Selatan. Kata Kunci: Efektifitas, Penggunaan WhatsApp, Penguasaan Kosakata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 05:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 05:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14364 |
Actions (login required)
View Item |