Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRESEPSI ANGGOTA KOPERASI MENTARI TERHADAP PENERAPAN PRODUK SIMPAN PINJAM MENURUT EKONOMI ISLAM

DWI SHINTA SUKRA HAYATI (2018) PRESEPSI ANGGOTA KOPERASI MENTARI TERHADAP PENERAPAN PRODUK SIMPAN PINJAM MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201845EI.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201845EI.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201845EI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201845EI.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201845EI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201845EI.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201845EI.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201845EI.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201845EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201845EI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKAN_201845EI.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan penulis, bahwa Koperasi Mentari sendiri dalam menjalani kegiatan menghimpun dana serta menyalurkan dana kepada masyarakat masih menggunakan system bunga, padahal koperasi mentari ini berada dibawah naungan perguruan muhammadyah yang pola kehidupan nya sudah dan berpegang pada pola kehidupan islam dan dalam hal ini sudah ada fatwa MUI yang mengharamkan riba. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah, bagaimana presepsi anggota koperasi mentari terhadap penerapan sistem bunga pada produk simpan pinjam dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap presepsi anggota koperasi mentari terhadap produk simpan pinjam. Penelitian ini bersifat penelian lapangan yang terletak di Desa Empat Koto Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 orang yaitu seluruh anggota yang menggunakan jasa simpan pinjam pada Koperasi Mentari. Sampel dalam penelitian ini sebanya 59 orang dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak, dimana setiap populasi mempunyai kesempatan untuk dijadikan sampel. Metode analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa presepsi anggota koperasi mentari terhadap penerapan produk simpan pinjam dapat dilihat dari beberapa tanggapan responden diantaranya, bahwa semua anggota koperasi mentari mengetahui penerapan sistem bunga pada produk simpan pinjam dan mayoritas anggota koperasi mengetahui bahwa produk simpan pinjam pada koperasi mentari sama dengan riba, anggota koperasi mentari juga setuju menyatakan bahwa riba itu benar-benar haram hal ini karena sebagian besar anggota koperasi mentari mengetahui informasi tentang riba dari buku, sehinga mereka tidak setuju dengan penerapan sistem bunga pada produk simpan pinjam, anggota koperasi mentari setuju jika sistem bunga pada produk simpan pinjam diganti dengan sistem bagi hasil akan tetapi pengurus koperasi mentari tidak ada memberikan informasi tentang riba namun pengurus tersebut memiliki pengetahuan tentang riba. Anggota koperasi mentari setuju jika koperasi mentari diubah menjadi koperasi yang menerapkan prinsip- prinsip syariah karena mereka berminat untuk menggunakan produk simpan pinjam yang menerapkan prinsip syariah. Tinjauan ekonomi islam terhadap presepsi anggota koperasi mentari terhadap penerapan produk simpan pinjam belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi islam, karena produk simpan pinjam sudah jelas menggunakan praktek riba dan riba tersebut secara jelas diharamkan oleh agama islam, hal ini sesuai dengan firman Allah Swt dalam surat Al-Baqarah 275 serta fatwa MUI Nomor 1 Tahun 2004 tentang bunga namun anggota tidak mengusulkan perubahan pada produk simpan pinjam menjadi sistem koperasi dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:03
Last Modified: 26 Jun 2019 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item View Item