Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA UNIT SIMPAN PINJAM SWAMITRA RUKUN MAKMUR DS SEI SIMPANG II KEC. KAMPAR KIRI HILIR MENURUT EKONOMI ISLAM

JULI ASRIANI (2018) PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA UNIT SIMPAN PINJAM SWAMITRA RUKUN MAKMUR DS SEI SIMPANG II KEC. KAMPAR KIRI HILIR MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201844EI.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201844EI.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201844EI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201844EI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201844EI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201844EI.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201844EI.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201844EI.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201844EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201844EI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201844EI.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulis mengangkat judul ini adalah kurangnya respon karyawan dalam menlayani nasabahnya seperti tidak adanya karyawan pada saat jam kerja dan lambatnya pengembalian agunan nasabah yang telah selesai masa angsurannya, sehingga banyak dari nasabah merasa kurang puas karya transaksi yang mereka inginkan tidak terpenuhi. Hal ini berkaitan dengan kualitas pelayanan yang diberikan, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam peningkatan kualitas pelayanan agar dapat memberikan kepuasan konsumen yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah Unit Simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah Unit Simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur. Penelitian ini dilakukan di Unit Simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur DS Sei Simpang II Kampar Kiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Unit Simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur yang berjumlah 273 orang nasabah dan sampelnya penulis mengambil sebanyak 73 orang nasabah dengan menggunakan rumus slovin dengan metode accindental sampling. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan mengajukan koesioner kepada nasabah Unit Simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur. Hasil dari penelitian terdapat persamaan regresi linear sederhana dari hasil perhitungan statistik didapat sebagai berikut: Y = 10,509+0,228X artinya bahwa pelayanan (X) berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y). Artinya, jika setiap kali variabel pelayanan bertambah satu, maka variabel kepuasan akan bertambah sebesar 0,228, dan uji t menunjukkan bahwa hubungan variabel pelayanan dengan variabel kepuasan diperoleh nilai t hitung = 5,565 dan t tabel =1,66660 ternyata t hitung >t tabel maka H o ditolak dan H a diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh antara pelayanan dengan kepuasan nasabah Unit Simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur. Diperoleh nilai R square 0,304 artinya adalah bahwa sumbangan pelayanan terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 30,4% atau 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang ditidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari output diketahui nilai R sebesar 0,551. Artinya adalah hubungan korelasi antara variabel X dengan Variabel Y yaitu terdapat hubungan yang sedang antara pelayanan terhadap kepuasan nasabah Unit Simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur. Selanjutnya apabila ditinjau menurut ekonomi Islam, kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Unit Simpan Pinjam Swamita Rukun Makmur belum sesuai dengan syariah Islam. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya ingkar janji karyawan Unit simpan Pinjam Swamitra Rukun Makmur terhadap nasabahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:59
Last Modified: 26 Jun 2019 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item