Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

AGUSNITA RESKIKA MURNI (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prokrastinasi dalam menghafal juz ‘amma merupakan kecenderungan untuk menunda-nunda yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang, baik memulai maupun menyelesaikan hafalan juz ‘amma. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prokrastinasi dalam menghafal juz ‘amma adalah dukungan sosial melalui teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi dalam menghafal juz ‘amma pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi dari teori Ferrari (1995) dan skala dukungan sosial teman sebaya disusun berdasarkan teori Sarafino (1997). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 237 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi dalam menghafal juz ‘amma pada mahasiswa dengan nilai r= -0,132 (p= 0,021<0,05). Artinya, dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan dengan prokrastinasi dalam menghafal juz ‘amma. Dukungan sosial yang diperoleh melalui teman sebaya dapat membantu mahasiswa untuk menghindari prokrastinasi dalam menghafal juz ‘amma. Kata Kunci : Dukungan Sosial Teman Sebaya, Prokrastinasi Dalam Menghafal Juz ‘Amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 150 ??
Divisions: ?? Psi ??
Depositing User: Users 6535 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:26
Last Modified: 24 Jun 2019 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item View Item