PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOLOID

WANA OCTANA, (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181030PK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181030PK.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181030PK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181030PK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181030PK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181030PK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181030PK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181030PK.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181030PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181030PK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181030PK.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation di kelas XI MS SMA Negeri Plus Provinsi Riau terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pelajaran kimia, khususnya materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian posstest only control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MS 2 sebagai kelas eksperimen Group Investigation dan kelas XI MS 4 sebagai kelas eksperimen Discovery Learning. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,26, pada taraf signifikan 5 % diperoleh ttabel = 2,02 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan implementasi model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation di kelas XI MS SMA Negeri Plus Provinsi Riau terhadap pemahaman konsep siswa pada materi koloid. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari persentase rata-rata keseluruhan indikator pemahaman konsep yang berasal dari persentase nilai rata-rata setiap indikator pemahaman konsep dari kedua model pembelajaran yaitu persentase rata-rata nilai keseluruhan kelas eksperimen Discovery Learning sebesar 88,64 % dan persentase rata-rata kelas eksperimen Group Investigation sebesar 82,14 %. Berdasarkan perbedaan tersebut dapat dinyatakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci : Pemahaman konsep, Model Pembelajaran, Discovery learning, Group Investigation, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:01
Last Modified: 24 Jun 2019 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item