ASMIDAR (2018) PENGARUH SIKAP BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181027PAI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181027PAI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181027PAI.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181027PAI.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181027PAI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181027PAI.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181027PAI.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181027PAI.pdf Download (583kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181027PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181027PAI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181027PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya sikap belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini di lakukan pada tanggal 25 Maret s/d 20 April 2018 dan berlokasi di Pekanbaru, tepatnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan objek dalam penelitian ini adalah sikap siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 385 orang siswa dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan korelasi product moment dengan bantuas SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan sikap belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru yang terbukti dari nilai r hitung <r tabel (0,202 < 0,617 > 0,263) atau dengan sig (0,000) lebih kecil dari probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Hubungan antara variabel sikap siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dalam tingkat yang cukup kuat karena nilai koefisien korelasi r = 0,617 berada pada interval 0,60 – 0,699 artinya dengan persentase sumbangan pengaruh sikap belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 38,07%, sedangkan sisanya sebesar 61,93% di pengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pengaruh, Sikap Siswa, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 01:38 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 01:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14234 |
Actions (login required)
View Item |