Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PENYELENGGARAAN JENAZAH TERHADAP PRAKTIK SHALAT JENAZAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN KAMPAR

MUHAMMAD ANDRI BUANA (2018) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PENYELENGGARAAN JENAZAH TERHADAP PRAKTIK SHALAT JENAZAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi penyelenggaraan jenazah sebagai variabel X (variabel bebas) dan prakik shalat jenazah sebagai variabel Y (variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemahaman materi penyelenggaraan jenazah terhadap praktik shalat jenazah siswa di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Kampar. Sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman materi penyelenggaraan jenazah terhadap praktik shalat jenazah siswa di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Qur’an Kampar yang berjumlah 40 siswa. sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sample jenuh (sensus sampling) karena keseluruhan populasi yang ada dijadikan sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis datanya menggunakan regresi. Perhitungan data dilakukan dengan bantuan SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi penyelenggaraan jenazah terhadap keterampilan shalat jenazah siswa di Madrsah Aliyah Darul Qur’an Kampar, hal ini terlihat dari hasil angka koefesien sebesar 0,852 lebih besar dari r tabel, baik pada taraf signifikan 0,05 maupu taraf signifikan 0,01. Dengan demikian Ha diterima H0 ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh pemahaman materi penyelenggaraan jenazah terhadap keterampilan shalat jenazah siswa di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Kampar. Kata Kunci: Pemahaman Materi Penyelenggaraan Jenazah, Praktik Shalat Jenazah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2019 09:00
Last Modified: 21 Jun 2019 09:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14212

Actions (login required)

View Item View Item