PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS II SD NEGERI 007 SUKAJADI PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Martlayli, (2010) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS II SD NEGERI 007 SUKAJADI PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201142.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan guru menggunakan media gambar dalam proses belajar mengajar, dan 2) untuk mengetahui hasil belajar murid melalui penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas II tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah murid sebanyak 25 orang, yang terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas II SD Negeri 007 Sukajadi Pekanbaru Tahun Pelajaran 2009/2010. Adapun waktu penelitian ini bulan Mei sampai dengan Agustus 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran IPS. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas II pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 007 Sukajadi Pekanbaru. Keberhasilan ini disebabkan dengan menggunakan media gambar dapat menstimulasi belajar murid atau membantu murid terutama untuk mengkongkretkan berbagai konsepnya yang sifatnya abstrak. Melalui media murid lebih termotivasi untuk belajar, karena murid berusaha memahami suatu materi pelajaran secara lebih nyata (kongkret). Berdasarkan indikator kinerja yang ditetapkan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar murid kelas II pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 007 Sukajadi Pekanbaru dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Jan 2016 07:28
Last Modified: 21 Jan 2016 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item