PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI TERHADAP PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA PEKANBARU

HENDRIZAL, (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI TERHADAP PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018960PIPS-E.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018960PIPS-E.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018960PIPS-E.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018960PIPS-E.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018960PIPS-E.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018960PIPS-E.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018960PIPS-E.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018960PIPS-E.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018960PIPS-E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018960PIPS-E.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018960PIPS-E.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi pendagogik guru ekonomi terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Pekanbaru. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dengan ditemukannya gejala-gejala masih ada guru yang kurang lengkap membuat indentitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), masih ada guru kurang paham dengan kompetensi dasar dan indikator rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), masih ada guru guru yang tidak mencantumkan materi pokok pembelajaran, masih ada guru yang kurang mengsingkronkan alat dan media pembelajaran yang ada di RPP dengan saat pembelajaran berlangsung, masih ada guru yang kurang maksimal dalam rangka melakukan penilaian dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun analisa data mengunakan uji validitas butir angket dilakukan dengan product moment sedangkan uji realibilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis dengan SPSS, diperoleh ro (observasi) sebesar 0,772 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,361<0,772>0,4629) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru ekonomi terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Pekanbaru. Besar Persentase pengaruh kompetensi pedagogik guru ekonomi terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 59,6%, sedangkan sisanya 40,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru ekonomi, Penyusunan RencanaPelaksanaan Pembelajara (RPP)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:05
Last Modified: 21 Jun 2019 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item