Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI TABEL “T” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 033 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

RONA APRIANI (2018) PENERAPAN STRATEGI TABEL “T” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 033 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018951PGMI.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018951PGMI.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018951PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI_2018951PGMI.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I_2018951PGMI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II_2018951PGMI.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III_2018951PGMI.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV_2018951PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img]
Preview
Text
9. BAB V_2018951PGMI.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018951PGMI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi tabel "T" di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 033 Kualu Nenas kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya basil belajar siswa, di antaranya rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 19 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 66,57 dengan ketuntasan klasikal 42;10% setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 71,57 dengan ketuntasan klasikal 52,63% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,21 dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi tabel "T" dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 033 Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata kunci: Hasi/ Be/ajar, Strategi Tabet "T", I/mu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:26
Last Modified: 21 Jun 2019 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item