RONA APRIANI (2018) PENERAPAN STRATEGI TABEL “T” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 033 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018951PGMI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018951PGMI.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018951PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_2018951PGMI.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_2018951PGMI.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_2018951PGMI.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_2018951PGMI.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_2018951PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) |
||
|
Text
9. BAB V_2018951PGMI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018951PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi tabel "T" di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 033 Kualu Nenas kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya basil belajar siswa, di antaranya rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 19 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 66,57 dengan ketuntasan klasikal 42;10% setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 71,57 dengan ketuntasan klasikal 52,63% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,21 dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi tabel "T" dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 033 Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata kunci: Hasi/ Be/ajar, Strategi Tabet "T", I/mu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 02:26 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 02:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14096 |
Actions (login required)
View Item |