UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGATASI KESULITAN SISWA-SISWI MEMBACA AL-QURAN DI SMPN 14 PEKANBARU

FAJRI NADIRAH, (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGATASI KESULITAN SISWA-SISWI MEMBACA AL-QURAN DI SMPN 14 PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018936PAI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018936PAI.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018936PAI.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018936PAI.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018936PAI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018936PAI.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018936PAI.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018936PAI.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018936PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018936PAI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018936PAI.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak siswa-siswi yang belum mampu atau belum lancar dalam membaca Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui upaya guru agama islam dalam mengatasi kesulitan siswa-siswi serta faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan yang dialami siswa-siswi dalam membaca Al-Quran. Subjek penelitian adalah siswa dan guru, sedangkan untuk objek penelitiannya adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Populasi berjumlah 577 siswa dan 51 guru. Karena objek terlalu besar, digunakan teknik random sampling sebanyak 131 siswa dan 4 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuisioner pada siswa dan wawancara kepada pihak guru. Berdasarkan penyajian atau analisis data yang didapat melalui angket, diperoleh hasil bahwa siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru sudah mempunyai guru yang mengajarkan, membina dan membimbing bacaan Al-Quran dengan tepat dan benar. Namun, masih ada guru yang jarang memperhatikan saat siswa membaca Al-Quran. Masih banyak juga siswa-siswi yang belum atau masih jarang untuk meluangkan waktu untuk membaca Al-Quran dan belum tepat untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Dan siswasiswi juga sudah mengalami perubahan kearah yang lebih baik setelah membaca Al-Quran. Guru Perndidikan Agama Islam SMP Negeri 14 Pekanbaru juga mengajarkan tentang pengetahuan dan nilai-nilai agama selain belajar membaca Al-Quran. Namun, siswa-siswi masih banyak menggunakan bahasa lathin saat membaca Al-Quran. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari angket ditemukan bahwa upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa-siswi membaca Al-Quran Di Sekolah Menengah Pertama 14 Pekanbaru berada pada kategori “CUKUP BAIK” dengan persentase sebesar 42,39% yang terletak pada skala nilai 41-60%. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Guru Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:32
Last Modified: 19 Jun 2019 06:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item