STUDI BUDIDAYA SELADA (Lactuca sativa L.) DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANINYA DI KOTA PEKANBARU

Helvida Wahyuni, (2011) STUDI BUDIDAYA SELADA (Lactuca sativa L.) DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANINYA DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201124.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum budidaya selada, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dan motivasi petani selada. Selada merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi mentah tanpa proses pemasakan, selada lebih banyak digunakan untuk lalapan. Budidaya selada diawali dengan melakukan pengolahan tanah membentuk bedengan, kemudian diberi pupuk kandang, sebelum benih disebar, kemudian dilakukan pemeliharaan meliputi penyiangan, penyiraman. Setelah usia ± 40 hari selada bisa dipanen. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor sosial ekonomi (usia, pengalaman usaha, tanggungan keluarga, luas lahan, dan pendidikan) mempengaruhi pendapatan petani selada. Hasil perhitungan regresi linear berganda menunjukkan bahwa hanya luas lahan yang mempengaruhi pendapatan petani (α = 10%). Faktor-faktor sosial ekonomi lainnya (usia, pengalaman usaha, tanggungan keluarga, dan pendidikan) tidak mempengaruhi pendapatan petani selada. Motivasi petani untuk membudidayakan selada bersumber dari diri petani itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Dec 2015 07:12
Last Modified: 23 Dec 2015 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item