TANGGAPAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 02 KAMPAR

Sri Elida, (2008) TANGGAPAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 02 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2008_2011404.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Inti proses pendidikan formal pada hakikatnya adalah guru yang mengajar, sedangkan inti pengajaran itu adalah siswa belajar, sehingga disebut dengan istilah pembelajaran. Pembelajaran terdiri dari tiga unsur yaitu guru, siswa dan bahan atau materi pelajaran. Tugas seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang baik, sehingga dapat memberi kesan atau tanggapan yang baik dari siswa. Tanggapan yang dimaksud adalah kesan yang muncul ke alam kesadaran yaitu adanya perasaan senang siswa terhadap pembelajaran pendidikan islam yang terwujud dengan adanya aktivitas atau yang disebut dengan perilaku ( keadaan jiwa terhadap sesuatu objek ). Dengan kata lain, tanggapan merupakan suatu bentuk reaksi yang terinterpretasikan pada perhatian, pemahaman, pendapat atau pandangan terhadap sesuatu kegiatan. Objek tanggapan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian, tanggapan tehadap pendidikan agama Islam dapat berarti reaksi terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Reaksi tersebut dapat berupa pandangan atau pendapat sehingga pembelajaran pendidikan agama Islam menjadi pembelajaran yang disenangi. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran siswa terhadap pendidikan agama Islam di SMP Negeri 02 Kampar dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Manfaat penelitian ini sebagai penambah wawasan bagi penulis dan sebagai sumbangsi pemikiran bagi Guru-guru Pendidkan Agama Islam sebagai bahan perhatian Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan Angket dan Wawancara dan setelah seluruh data terkumpul, maka dilakukan penganalisaan terhadap data tersebut sehingga dari penelitian ini diperoleh hasilnya sebesar 79,26%. Persentase tersebut kalau diukur pada standarisai persentase yang telah ditetapkan sebelumnya akan berada pada rentang 76%-100%. Dengan hasil tersebut berarti Tanggapan Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Kampar tergolong “Baik” dengan factor-faktro yang mempengaruhinya sebagai berikut: 1. Perhatian 2. Kebutuhan siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 3. Bimbingan dan motivasi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:32
Last Modified: 21 Dec 2015 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item