Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Bank Sampah Dalang Collection di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru)

SARI KRISNAMURTI (2018) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Bank Sampah Dalang Collection di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan daur ulang sampah plastik dalam perspektif Ekonomi Islam padaBank Sampah Dalang Collection di KecamatanTenayan Raya Pekanbaru. Rumusan masalahnya adalah bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan daur ulang sampah plastik pada Bank Sampah Dalang Collection di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, bagaimana manfaatnya, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islamnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuibagaimanaproses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan daur ulang sampah plastik padaBank Sampah Dalang Collectiondi Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, bagaimana manfaatnya dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islamnya. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah anggota Bank Sampah Dalang Collection mencakup pimpinan dan pekerjanya, sedangkan objeknya adalah pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan daur ulang sampah plastik dalam perspektif Ekonomi Islam padaBank Sampah Dalang Collection di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah pimpinan dan pekerja Bank Sampah Dalang Collection yang berjumlah 11 orang. Oleh karena jumlah relatif sedikit maka seluruhnya dijadikan sampel atau dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode penulisan yang digunakanada tigametodeyaitu metode deduktif, metode induktif dan metode deskrpitif.Hasil penelitian menunjukkanbahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan daur ulang sampah plastik pada Bank Sampah Dalang Collection di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Kegiatan ini telah berhasil memberdayakan masyarakat khususnya anggota Bank Sampah Dalang Collection untuk bisa mandiri dengan memberikan arahanseperti pelatihan dan pengajarandalam merubah sampahplastikmenjadi produk daur ulang yang memiliki nilai ekonomis,sehingga merekapun ikuttertarikmelakukan hal yang serupa setelah bergabung yaitu denganmembangun bank sampah sendiri ditempat tinggalnyajadikeberadaan bank sampahpunsemakin banyak. Keberhasilan kegiatan ini banyak memberikan manfaat yang dirasakanoleh masyarakat seperti semakin berkurangnya sampah dilingkungan tempat tinggal, ilmu dan pengetahuan dalammengelola sampah yangbaik dan benar, dan juga pada pendapatanekonomimasyarakat. Dan jika dilihat dari tunjauanEkonomi Islamini sudah sangat baik, karena di dalamnya terdapat unsur tolong-menolong. Dalam agama Islam membantu dan saling tolong-menolong dalam hal kebaikan sangat dianjurkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:26
Last Modified: 19 Jun 2019 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item