PENGARUH PENGUASAAN MATERI UKHUWWAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS SHOFA PEKANBARU

ARDIAN, (2018) PENGARUH PENGUASAAN MATERI UKHUWWAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018925PAI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018925PAI.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018925PAI.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018925PAI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018925PAI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018925PAI.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018925PAI.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018925PAI.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018925PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018925PAI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018925PAI.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh gejala yang mengindikasikan tidak adanya pengaruh penguasaan materi ukhuwwah terhadap interaksi sosial siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana penguasaan materi ukhuwwah siswa di Sekolah Menengah Atas Islam As Shofa Pekanbaru, bagaimana interaksi sosial siswa setelah di ajari materi ukhuwwah di Sekolah Menengah Atas Islam As Shofa Pekanbaru, apakah ada pengaruh yang signifikan penguasaan materi ukhuwwah terhadap interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Islam As Shofa Pekanbaru. Penguasaan materi ukhuwwah sebagai variabel X (bebas), dan interaksi sosial siswa sebagai variabel Y (terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah sampel 28 siswa. Adapun objek penelitian ini adalah pengaruh penguasaan materi ukhuwwah terhadap interaksi sosial siswa, sedangkan subjeknya adalah siswa yang telah diajarkan materi ukhuwwah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis menggunakan teknik korelasi serial. Berdasarkan analisis ternyata penguasaan materi ukhuwwah siswa berada pada kategori baik dengan persentase 78,57%. Begitu juga interaksi sosial siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase 85,65%. Sementara itu penguasaan materi ukhuwwah terhadap interaksi sosial siswa berpengaruh secara signifikan. Di peroleh harga Phi ( ) 0,578 dan dikonsultasikan dengan tabel “r” product moment (dengan harga taraf signifikan 1% = 0,478 dan 5%= 0,374), ternyata harga phi adalah 0,578 lebih besar dari pada tabel “r”, dalam artian Ha diterima dan H0 ditolak. Yang mana korelasinya berada pada taraf sedang pengaruh penguasaan materi ukhuwwah terhadap interaksi sosial siswa. Kata kunci: Penguasaan Materi Ukhuwwah, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:01
Last Modified: 19 Jun 2019 06:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item View Item