YANI ROSDIANA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI BERMAIN ANGKA MATEMATIKA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RAUDHATUL JANNAH KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018919PIAUD.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018919PIAUD.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018919PIAUD.pdf Download (994kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018919PIAUD.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018919PIAUD.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018919PIAUD.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018919PIAUD.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018919PIAUD.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018919PIAUD.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018919PIAUD.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018919PIAUD.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap perkembangan kognitif anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan strategi bermain angka matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi bermain angka matematika terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di PAUD Raudhatul Jannah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh penggunaan strategi bermain angka matematika terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 24 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara strategi bermain angka matematika terhadap perkembangan kognitif anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung= 93,615 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan strategi bermain angka matematika dalam pembelajaran. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan strategi bermain angka matematika sebelum dan sesudah terhadap perkembangan kognitif anak yang berada pada kelas eksperimen. Jadi penggunaan strategi bermain angka matematika berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di PAUD Raudhatul Jannah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sebesar 81,25%. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Strategi Bermain Angka Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 05:44 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 05:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13976 |
Actions (login required)
View Item |