DESAIN DAN UJI COBA MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATERI ASAM BASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS CENDANA PEKANBARU

NOVELIA RISKA PUTRI, (2018) DESAIN DAN UJI COBA MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATERI ASAM BASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS CENDANA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018917PK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018917PK.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018917PK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018917PK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018917PK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018917PK.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018917PK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018917PK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018917PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018917PK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018917PK.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum tersedia sumber belajar mandiri berupa modul berbasis multipel representasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas modul berbasis multipel representasi pada materi asam basa yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Cendana Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru kimia serta 10 orang siswa kelas XI MIA 1 dan objek pada penelitian ini adalah modul berbasis multipel representasi pada materi asam basa. Jenis pengumpulan data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan angket uji respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Modul yang telah dihasilkan telah teruji dengan tingkat kevalidan 87,73% dengan kriteria sangat valid, tingkat kepraktisan 90% dengan kriteria sangat praktis dan respon siswa 92,12% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul berbasis multipel representasi pada materi asam basa yang diuji cobakan layak dan praktis untuk dijadikan sebagai sumber belajar mandiri di sekolah. Kata kunci: Modul, Multipel Representasi, Asam Basa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:38
Last Modified: 19 Jun 2019 05:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13974

Actions (login required)

View Item View Item