PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS (REACT) RELATING, EXPERIENCING, APPLIYING, COOPERATING AND TRANSFERRING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KAMPAR

ENGSAS DINIATI ADIFTA, (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS (REACT) RELATING, EXPERIENCING, APPLIYING, COOPERATING AND TRANSFERRING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018890PMT.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018890PMT.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018890PMT.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018890PMT.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018890PMT.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018890PMT.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018890PMT.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018890PMT.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018890PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018890PMT.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018890PMT.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul berbasis Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segi empat. Pengembangan modul ini mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Tambang tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 4 Tambang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan modul matematika berbasis Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) serta kelas VII 6 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah modul matematika berbasis model pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul matematika model pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (84,3%) dan sangat praktis untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul matematika model pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transfering (REACT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:07
Last Modified: 18 Jun 2019 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item