PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GENERATIVE LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU

NANA EKA PUTRI, (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GENERATIVE LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018889PMT.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018889PMT.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018889PMT.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018889PMT.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018889PMT.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018889PMT.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018889PMT.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018889PMT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018889PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018889PMT.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018889PMT.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran belum memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa dan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Generative Learning yang valid dan praktis serta melihat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Generative Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Negeri 8 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS berbasis Model Generative Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( ) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan representasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis berbasis Model Generative Learning ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Generative Learning, Kemampuan Representasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:04
Last Modified: 18 Jun 2019 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13918

Actions (login required)

View Item View Item