Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL UMMAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Siti Aisyah (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL UMMAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_20112541.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretes dan posttest, yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi hidrokarbon yang disebabkan siswa cendrung bersikap pasif dan malu bertanya serta tidak terjadi kerjasama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X1 (kontrol) dan kelas X2 (eksperimen). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretest dan postes antara kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan elektrolit dan non elektrolit, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,51 dan ttabel = 2,01 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 9,7 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization), Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 08:17
Last Modified: 18 Jan 2016 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item