PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN KABUPATEN ROKAN HILIR

NURUL HAFIZA, (2018) PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018693PAI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018693PAI.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018693PAI.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018693PAI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018693PAI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018693PAI.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018693PAI.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018693PAI.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018693PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018693PAI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018693PAI.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kemampuan berkomunikasi guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan keaktifan belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kemampuan berkomunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, objeknya kemampuan berkomunikasi guru dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 2 orang dan seluruh siswa kelas VII dan VIII (243 Siswa). Sampel dalam penelitian ini 1 orang guru, dan 54 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan kolerasi produtc moment. Perhitungan data menggunakan program SPSS Versi 16.0 for windows. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,455 pada taraf signifikan 5% = 0,2681 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,3477. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,2681<0,455>0,3477. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan berkomunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Kata Kunci : Kemampuan Berkomunikasi Guru Dan Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:50
Last Modified: 13 Jun 2019 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13808

Actions (login required)

View Item View Item