ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2012-2016)

FERA ATIKA, (2018) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2012-2016). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018312AKN.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN_2018312AKN.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018312AKN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018312AKN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018312AKN.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018312AKN.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018312AKN.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018312AKN.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018312AKN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB_2018312AKN.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR PUSTAKA_2018312AKN.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan bukti empiris pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang konsisten pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode tahun 2012-2016 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Dari hasil pengumpulan data diperoleh 40 data observasi, yaitu terdapat 8 perusahaan yang konsisten selama 5 tahun (2012 s/d 2016) dan menerbitkan laporan keuangan dan laporan keberlanjutan setiap tahunnya. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan dengan bantuan SPSS 25 dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting dengan nilai thitung 0,809 < ttabel 1,6896, dengan tingkat signifikan sebesar 0,424 berada lebih tinggi dari pada α = 0,05, sedangkan variabel likuiditas, leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting dengan masing-masing memiliki nilai thitung sebesar 4,255, 2,217, 3,986 > ttabel 1,6896 dengan tingkat signifikansi masing-masing sebesar 0,000, 0,033, 0,000 < α = 0,05. Dan hasil simultan ukuran perusahaan, likuiditas, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting yang ditunjukkan nilai F hitung lebih besar dari F tabel 10,524 > 2,65 dengan signifikansi 0,000<0,05. Kata kunci : Ukuran Perusahaan, likuiditas, leverage, profitabilitas, Pengungkapan Islamic Social Reporting, Indeks Saham Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 13 Jun 2019 03:16
Last Modified: 13 Jun 2019 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item