PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA AL- HUDA PEKANBARU

Iken Yuni Ardiyati, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA AL- HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011660.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan salah satu pelajaran yang membutuhkan pemahaman yang tinggi dalam memahami konsep pelajaran kimia tersebut. Oleh karena itu seorang guru harus menemukan strategi atau metode yang tepat agar pelajaran yang disampaikan dapat dipahami, dimengerti, diserap dengan baik oleh siswa. Salah satunya adalah strategi pembelajaran aktif Bowling Kampus yang memiliki keunggulan yaitu memungkinkan guru untuk mengevaluasi sejauhmana siswa telah menguasai materi. Belajar didalam kelompok kecil ini diharapkan murid lebih aktif belajar dengan menjawab pertanyaan- pertanyaan dari guru dan semua anggota kelompok merasa terlibat didalamnya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X2 (eksperimen) dan kelas X4 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,60 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Dengan peningkatan sebesar 10,49%. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Bowling Kampus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Bowling Kampus, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:43
Last Modified: 18 Jan 2016 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item