PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TOURNAMENT GAME TEAM (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA KAMPAR TIMUR KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Nurjanati, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TOURNAMENT GAME TEAM (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA KAMPAR TIMUR KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011659.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan, penulis menemukan gejala-gejala dalam proses pembelajaran Kimia, yaitu sebagai berikut: 1) Rata- rata nilai mid semester siswa masih berada di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70, 2) Masih sedikit proses belajar mengajar yang mengacu pada keterlibatan siswa atau keaktifan siswa, 3) Diantara 20 siswa hanya 5 sampai 6 orang yang yang mampu menjawaban pertanyaan guru dengan benar ketika dilakukan evaluasi dengan tanya jawab. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI MAS Kampar Timur Kecamatan Kampar Timur dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tournament Game Team (TGT). Tempat penelitian ini adalah di Madrasah Aliyah Swasta Kampar Timur Kecamatan Kampar Timur. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran kimia pada pokok bahasan larutan penyangga. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada ulangan harian I meningkat dibandingkan sebelum tindakan. Pada sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,5% setelah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Tournament Game Team (TGT) meningkat menjadi 70,5% sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 74,8%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis hasil tindakan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tournament Game Team (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Siswa Kelas XI MAS Kampar Timur Kecamatan Kampar Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:43
Last Modified: 18 Jan 2016 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item