EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI SRI REJEKI (Aglaonema commutatum) DI KOTA PEKANBARU

Sesrawati Roza, (2011) EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI SRI REJEKI (Aglaonema commutatum) DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201121.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Tanaman Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang keindahannya terletak pada bentuk, corak, dan warna daunnya. Tanaman ini berasal dari negara Asia, salah satunya adalah Indonesia. Faktor produksi sangat mempengaruhi besar kecilnya hasil yang akan diperoleh. Fungsi produksi adalah suatu hubungan produksi fisik (output) dengan faktor produksi (input). Hasil perhitungan regresi linear berganda (variabel bebas ukuran polybag, obat-obatan, pupuk, dan variabel Dummy media tanam) didapatkan hasil F hitung (0,05) yaitu sebesar 8,534 > 2,76 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ukuran polybag, obat-obatan, pupuk, dan media tanam secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap produksi Aglaonema di Kota Pekanbaru. Nilai R2 sebesar 0,760 yang berarti besarnya pengaruh dan sumbangan variabel bebas adalah sebesar 76% dan sisanya sebesar 24% dipengaruhi faktor lain.Hasil perhitungan rasio NPM ukuran polybag sebesar 0,054 < 1, yang berarti bahwa secara ekonomis penggunaan ukuran polybag masih belum efisien dan masih perlu penambahan. Rasio NPM pupuk sebesar 2,84 > 1, ini berarti bahwa penggunaan pupuk tidak efisien dan perlu pengurangan jumlah pemakaian pupuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Dec 2015 07:04
Last Modified: 23 Dec 2015 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item