EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Yana Silvi Aulia Mawaddah, (2018) EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201884PSI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201884PSI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201884PSI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201884PSI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201884PSI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201884PSI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201884PSI.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201884PSI.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201884PSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201884PSI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201884PSI.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca permulaan perlu dirangsang sejak anak usia dini agar anak tidak mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada tingkatan pendidikan selanjutnya. Salah satu metode kreatif dalam pembelajaran membaca permulaan yaitu dengan melibatkan berbagai unsur alat indera seperti pendengaran, penglihatan, gerakan, dan perabaan, dimana dalam hal ini adalah dengan menggunakan metode multisensori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode multisensori efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 13 orang, yakni 9 orang merupakan kelompok eksperimen dan 4 orang merupakan kelompok kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonparametrik Mann Whitney Test, dengan bantuan penghitungan menggunakan SPSS 20.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis data pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh taraf signifikansi p=0,005. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor yang signifikansi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berarti bahwa subjek yang diberikan metode multisensori memiliki peningkatan kemampuan membaca permulaan dibandingkan dengan subjek yang tidak diberikan metode multisensori. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Multisensori, Taman Kanak-kanak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Jun 2019 08:46
Last Modified: 11 Jun 2019 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13687

Actions (login required)

View Item View Item