PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Jumlis Aprianto, (2011) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011517.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu Kompetensi Pedagogik Guru IPS (variable bebas/independen atau variable X) dan Prestasi Belajar Siswa (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 9 Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Benai Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 50 orang siswa, karena jumlah populasi sedikit maka penulis mengambil semua sampel, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS ( Statistical Package For The Social Science ) versi 16.0 for windows. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMPN 9 Benai kabupaten Kuantan Singingi, dengan mengetahui bahwa rch = 0.370 jauh lebih besar dari pada “r” table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.273> 0.370 < 0.354.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:31
Last Modified: 18 Jan 2016 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item