EFEKTIFITAS METODE QIRAAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MEMBACA AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU

SUWAIBA MUKA, (2018) EFEKTIFITAS METODE QIRAAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MEMBACA AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018810PBA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018810PBA.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018810PBA.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018810PBA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018810PBA.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018810PBA.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018810PBA.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018810PBA.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018810PBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018810PBA.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018810PBA.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode qiraah dengan menggunakan media Permainan membaca aktif untuk Meningkatkan Keterampilan membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah Metode qiraah dengan menggunakan media Permainan membaca aktif efektif untuk Meningkatkan Keterampilan membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari memberikan pretest untuk mengetahui keterampilan membaca siswa, kemudian merancang langkah pembelajaran dengan metode qiraah dengan permainan media membaca aktif, observasi, dan terakhir dilakukan posttest. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018, dengan sampel siswa kelas ABSTRAK VIII B1 dan VIII A5 Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk menganalisis data observasi dan teks adalah dengan menggunakan rumus t-test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode qiraah dengan permainan media membaca aktif efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Madrasah Tsanawaiyah darel hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 5,09 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode qiraah dengan menggunakan media permainan membaca aktif efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Dan adapun hasil data observasi adalah 100%, oleh karna itu berada pada tingkat baik sekali. Kata Kunci: Metode qiraah, media permainan membaca aktif, Keterampilan membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 11 Jun 2019 05:11
Last Modified: 11 Jun 2019 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item View Item