Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE BELAJAR MENURUT AL-UTSAIMIN STUDI TERHADAP KITAB AL-ILM

Tengku Iskandar (2018) METODE BELAJAR MENURUT AL-UTSAIMIN STUDI TERHADAP KITAB AL-ILM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201803TPAI_COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201803TPAI_PENGESAHAN TENGKU ISKANDAR.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201803TPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201803TPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201803TPAI_ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201803TPAI_BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201803TPAI_BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201803TPAI_BAB III.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
9. 201803TPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
10. 201803TPAI_BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201803TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Tesis, metode belajar menurut Al-Utsaimin dalam kitab al-ilm, Syaikh Utsaimin adalah pelopor dalam pendidikan dibuktikan dengan tulisan beliau dalam kitab Al-Ilm, menurut beliau pendidikan memiliki dimensi yang berbeda yakni dimensi duniawi dan dimensi ukhrawi. Proses belajar-mengajar hendaknya mampu menghasilkan ilmu yang berupa kemampuan pada tiga ranah yang menjadi tujuan pendidikan/pembelajaran, baik ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik Syaikh Al-Utsaimin mengemukakan untuk menguasai materi pelajaran harus mengetahui konsep dasar ( qawaid asasiyah ). Adapun masalah dalam tesis ini adalah sebagai berikut: Bagaimanakah metode belajar dalam pandangan Syaikh Al- Utsaimin dalam kitab ilmu dalam persefektif pendidikan Islam di era pendidikan modern? Dan Bagaiman Implementasi metode belajar yang dikemukan Syaikh Al- Utsaimin terhadap kondisi pendidikan Islam saat ini? Penelitian ini dilakukan dengan harapan dan tujuan sebagai berikut: Untuk mengetahui metode belajar dalam perspektif Syaikh Al- Utsaimin dalam itab Al- Ilm, dan untuk menganaliss metode belajar yang dikemukakan Syaikh Al- Utsaimin terhadap kondisi saat ini. Adapun pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitiaan ini adalah pendekatan metode deskriftif analisis, dengan memaparkan ide pemikiran tokoh bersangkutan secara apa adanya, yang kemudian menganalisis dengan analisa, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi (suatu teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan subyek penelitian) akhirnya untuk memecahkan masalah dengan menggunakan cara berfikir yang radikal dan berusaha sampai kepada suatu kesimpulan yang universal. Pendekatan filosofis terdiri dari pendekatan linguistis dan analisis konsep. Analisis linguitis maksudnya untuk mengetahui makna yang sesungguhnya, sedangkan analisis konsep adalah analisis kata-kata yang dapat dikatakan kunci atau pokok yang mewakili gagasan atau konsep. Hasil penelitian Dari metode belajar yang dikemukakan Syaikh Al- Utsaimin diatara menghafal, diskusi, tanya jawab, muzakarah ini semua ditulis dengan sangat ringkas dan tegas dan dengan mengemukakan ayat Al-Qur’an dan hadis hal ini menunjukkan bahwa beliau dalam mengemukakan metode belajar itu sangat terpengaruh dengan pendidikan yang beliau jalani dan keadaan negara beliau sebagai negeri Islam tempat lahir Nabi yang penuh aturan Syar’I, ini semua bila diterapkan dinegeri kita dizaman modern ini sungguh relevan apa lagi konsep metode beliau kemukakan berdasarkan aturan Islam dan kaedah agama yang secara fakta negeri ini adalah mayoritas muslim dan banyak Pondok pesantren dan sekolah berbasis agama. Implementasi metode belajar Syaikh Al- Utsaimin dipendidikan hari ini memang semestinya diterapkan dengan baik terutama pada materi-materi pelajaran agama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 31 May 2019 05:08
Last Modified: 13 Jun 2019 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item