Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X2 SMA N 6 PEKANBARU

Retno Yunia Sari (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X2 SMA N 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011453.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian Tindakan Kelas tentang Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada siswa kelas X2 SMA Negeri 6 Pekanbaru pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi yang dilakukan 5 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dan empat pertemuan lagi dengan menerapkan model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah sebesar 57,5 % sedangkan pada siklus I sebesar 62,5%, pada siklus II sebesar 70% dan pada siklus III sebesar 77,5%. Nilai siswa mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH), dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X2 SMA Negeri 6 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:20
Last Modified: 18 Jan 2016 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item